Mahasiswa ITS Manfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Majukan Pelayanan Kominfo
Muhammad Ali Akbar saat mempresentasikan inovasi pengelolaan data yang dibuatnya berbasis machine learning dan OCR
Kampus ITS, ITS News – Kemajuan teknologi telah terbukti mampu meningkatkan produktivitas dari kehidupan manusia. Berkaca dari hal tersebut, tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memanfaatkan kecerdasan buatan untuk hadirkan pengelolaan data yang efisien guna mendukung pelayanan publik di Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.
Dosen pembimbing tim Dr Techn Prasetiyono Hari Mukti ST MT menjelaskan, pada SDPPI Kominfo RI seringkali berurusan dengan agenda persuratan seperti perizinan frekuensi, perizinan layanan, hingga pengawasan pembayaran. Namun tak jarang terdapat permintaan yang tidak sesuai dan aplikasi yang tidak termonitor. “Karena itu, pemanfaatan kecerdasan buatan ditinjau untuk menghadirkan pengelolaan data yang lebih baik,” jelasnya.
Pras, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dapat diaplikasikan untuk mempermudah proses pembacaan dokumen serta menyortirnya menjadi susunan yang mudah dibaca. “Beberapa teknologi seperti machine learning yang disertai dengan Optical Character Recognition (OCR) digunakan untuk menghadirkan solusi berdasarkan permasalahan yang ada,” tambah dosen Program Studi Teknik Telekomunikasi ITS ini.
Dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Azure Machine Learning dan Power Automate, beberapa masukan pada dokumen kemudian akan diubah menjadi teks dan secara langsung terhubung ke database yang ada. “Tahapan ini memang kerap digunakan di bidang pengelolaan data, namun tantangannya adalah menyesuaikan dengan data sesuai yang ada di SDPPI Kominfo RI,” tandas mahasiswa angkatan 2022 ini.
Berbicara rencana ke depan, Ali melihat bahwa sistem ini masih dapat dikembangkan untuk melihat keabsahan dokumen hingga integrasi peta guna memvisualisasikan data koordinat pada dokumen. Ia berharap, penelitiannya dapat dikembangkan lebih lanjut dan bisa bermanfaat bagi Kominfo RI. “Tentu ini menjadi langkah awal bahwa digitalisasi data berbasis kecerdasan buatan dapat membantu pelayanan publik,” tegasnya.